TIPS DAN TRIK MENJADI PEMAIN PRO DI MOBILE LEGENDS: BANG BANG

TIPS DAN TRIK MENJADI PEMAIN PRO DI MOBILE LEGENDS: BANG BANG
Hallo sup brother ,Menjadi seorang yang ahli dalam menganalisa permainan dalam satu match dibutuhkan jam terbang yang tinggi dan ketelitian yang sangat detail.
Kali ini kami akan membagikan bagaimana sih menjadi Pro Player seperti iFleekz atau mungkin Gemik, atau mungkin pemain-pemain idaman kalian di MLBB.

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang mungkin bisa kalian praktekkan di dalam game :


1. Memilih Item
Item merupakan hal yang sangat penting dalam suatu permainan, banyak sekali variasi item dan spesifikasi yang diberikan oleh MLBB untuk mendukung suatu hero tersebut.
Dalam MOBA, biasanya terdapat 3 fase waktu permainan seperti; Early Game, Mid Game, dan Late Game. 3 fase tersebut sangat mempengaruhi pengambilan keputusan dalam membeli item, Early Game adalah dimana saat waktu permainan berjalan sekitar 5 menit, lalu masuk ke fase Mid Game ketika permainan sudah berjalan sekitar 10 menit ke atas, dan yang terakhir Late Game, adalah waktu dimana permainan sudah berjalan diatas 15 menit. Karena ketika kita memasuki waktu Late Game biasanya hero-hero pada suatu permainan sudah memiliki full slot item (6 slot item yang sudah jadi) dan dengan gold / networth diatas 12000 golds.

Nah kalian sekarang sudah paham akan 3 fase tersebut, sekarang kalian harus paham terlebih dahulu item apa yang harus dibeli pada saat fase early game, mid game, late game. Biasanya menit 1 - 5 kalian harus membeli item-item yang murah atau terjangkau dengan farm kalian tersendiri, seperti membeli sepatu, lifesteal, atau item attack speed. Sangat salah besar apabila kalian dari menit awal sudah mengejar item dengan harga di atas 3000, karena itu akan mempersulit kalian dan kalian tidak mendapatkan efek dari item itu secara langsung karena akan memakan waktu yang sangat lama untuk farming. Sehingga kalian harus menyusun item di "Preparation" kalian sendiri, menyusun item dari yang paling murah dan cepat dibeli ketika early game dan paling akhir adalah item late game.

Selanjutnya adalah kalian harus memahami item apa yang dibeli dan cocok dengan role hero kalian, semisal kalian menggunakan hero tipe tanker, maka kalian harus membeli item dengan efek yang memberikan armor / magic resist dan regen HP. Kami tidak menyarankan apabila kalian menggunakan hero seperti Tigreal namun di build seperti hitter yang membutuhkan aspd dan critical.

Kesimpulan dari poin ini adalah, kalian harus menyesuaikan atau berpikir kembali saat ingin membeli item, apalagi jika kalian mengambil role seperti tanker, kalian harus membeli item yang pas sesuai dengan musuh yang ada. Semisal kalian menjumpai musuh seperti Moskov, Alucard, Freya, Tigreal, Yunzhao, lalu Natalia, maka kalian hanya cukup membeli item dengan full armor dan tidak membeli magic resist karena musuh tidak ada yang menggunakan mage.

2. Memilih hero yang tepat & Kerja sama tim
Sebelum pertandingan dimulai, kita diberikan waktu untuk memilih hero untuk dimainkan di match tersebut. Kunci untuk memenangkan sebuah pertandingan adalah kalian harus memiliki kerja sama yang baik dan peka akan situasi.

Komposisi team yang ideal adalah:

  • 1 Marksman,
  • 1 Tanker,
  • 1 Fighter,
  • 1 Assasin / Fighter,
  • 1 Mage / Support.
Di region SEA biasanya banyak pemain yang pick Marksman paling pertama, kalian cukup memilih hero dengan role yang berbeda sehingga tidak terjadi flaming di awal permainan. Ketika kalian dapat menggunakan hero yang kalian pilih maka kalian dapat mengendalikan permainan itu sendiri, apalagi jika teman satu team kalian memiliki map awareness yang tinggi. Sehingga jika salah satu lane dari team kalian selalu di push maka kalian akan sangat cepat mem-backup teman kalian dan meng-counter serangan musuh.

3. Fokus pada Turret musuh, bukan perbanyak Kill Hero
Yap! Banyak sekali pemain yang selalu mengandalkan nafsu dalam bermain, sehingga ia lupa pada tujuan awal dari sebuah permainan ini. Tujuan utama kita adalah untuk menghancurkan turret musuh sampai titik kemenangan. Kunci dari kemenangan dari suatu pertandingan adalah seberapa besar kerja sama dari tim kita untuk memberi tekanan yang besar untuk musuh sehingga musuh kewalahan dalam men-defense serangan kita. Ketika kalian fokus kepada jumlah kill kalian pada suatu game tersebut, maka kalian salah besar. Jika kalian memperhatikan pertandingan pro player international, score dari permainan tersebut biasanya sedikit dan pertandingan tersebut tidak berlangsung lama, karena mereka fokus ke menghancurkan turret musuh dan memberi pressure ke musuh.

Kesimpulannya adalah, kalian harus fokus ke item kalian sendiri sesuai dengan role kalian, dengan cara perbanyak kill minion dan kill monster jungle, manfaatkan setiap detiknya untuk mencari gold kalian. Apabila kalian sudah memiliki item yang memumpuni kalian dapat melakukan push ke base musuh, dan menghancurkan base musuh, sehingga musuh tidak akan mendapatkan celah untuk melakukan farming dan kalian dengan mudah nya untuk melakukan serangan secara terus menerus.

4. Hero positioning
Positioning hero sangatlah penting untuk melakukan inisiasi war, maupun mencari posisi yang aman bagi Mage atau Marksman, karena hero yang memiliki damage besar biasanya memiliki jumlah HP yang sedikit dan armor tipis. Sehingga membutuhkan positioning hero yang tepat untuk tidak diserang oleh musuh dan membunuh mereka secara perlahan dengan tepat. Sangat tidak disarankan bagi kalian yang memilih hero seperti moskov namun berdiri paling depan saat terjadi war, karena kamu akan sangat mudah di bunuh oleh musuh dan team kalian tidak memiliki damage dealer dan berakhir dengan "rata". Untuk mempelajari hal ini kalian dapat menonton pertandingan pro player dengan sudut pandang mereka, sehingga kalian akan sangat mudah memahami bagaimana memposisikan hero kalian pada saat war.

5. Mobilitas
Untuk hero-hero yang memiliki mobilitas tinggi seperti assasin atau fighter, pada fase awal sampai mid game biasanya akan sedikit agresif untuk berpindah-pindah lane. Maka kalian harus lebih sering untuk memperhatikan map, apabila map terlihat kosong maka kalian harus siaga untuk meng-cover team kalian, sehingga kalian tidak selalu berada di lane kalian sendiri, tetapi kita harus pandai untuk melakukan tindakan yang dapat menyelamatkan team kita sendiri. Sebaliknya apabila kalian merasa team kalian sudah menguasai permainan, kalian dapat melakukan hal yang serupa, yaitu roaming ke top, mid, bottom untuk melakukan gank ke lawan, sehingga lawan tidak diberikan celah untuk farming dan ini merupakan kesempatan besar bagi kalian untuk mendapatkan kemenangan.

Kesimpulan 

semua poin diatas adalah, apabila kalian merasa diri kalian jago atau ahli dalam menggunakan salah satu hero di MLBB, kalian harus mengingat bahwa kemenangan itu diraih oleh team kalian, bukan oleh kamu sendirian. Karena tak akan ada arti apabila kalian bermain sendirian namun tidak memperdulikan team kalian sendiri. Pandai-pandai lah melakukan taktik dan strategi untuk diri kalian sendiri, sehingga kalian akan sangat mudah untuk meraih Legend dengan cepat.

Souce: http://www.mobilelegendsid.com


Komentar